Bersama Dinas DKPP Babinsa Tinjau Tempat Pembuatan Lumbung Padi


PURBALINGGA – Pemerintah bertekad menciptakan kedaulatan pangan di negara kita, segala upaya dilakukan untuk mencapai tujuan ini sehingga negara kita tidak ketergantungan lagi dengan negara luar di bidang pangan, sehubungan dengan hal tersebut Babinsa Koramil 06/Kemangkon bersama Forkopimcam dan Dinas DKPP Kab Purbalingga melaksanakan peninjauan tempat pembuatan Lumbung Padi yang akan di bangun di Desa Kedunglegok Kec.Kemangkon Kab.Purbalingga.(29/1)

Disela – sela kegiatan tersebut Camat Kemangkon mengatakan Lumbung desa juga biasa dimanfaatkan sebagai penyimpan benih. Petani zaman dulu biasa menyisihkan beberapa hasil panennya untuk dipilih mana yang paling berkualitas untuk dijadikan benih. Benih ini tetap dibiarkan dengan kondisi utuh bertangkai dan diikat kemudian disimpan di dalam lumbung desa.

Lebih jauh lumbung desa bisa dimaknai sebagai institusi ekonomi di tingkat pedesaan. Sebagai institusi ekonomi lumbung desa juga bisa menangani kredit atau permodalan petani, distribusi, dan fungsi logistik lainnya.tuturnya

Babinsa Kedunglegok Serda Suroji menambahkan lebih penting dari itu dengan adanya lumbung desa akan semakin memupuk rasa kekeluargaan dan kegotongroyongan masyarakat desa yang menjadi ciri khas bangsa ini. Dengan adanya lumbung desa maka peran Bulog sebagai lumbung pangan nasional diharapkan tidak tumpang tindih. Bulog diharapkan mendukung keberadaan lumbung desa dengan menjalin hubungan kemitraan terkait masalah teknis dan komoditas pangan.ulas Serda Suroji.(Ask)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dandim 0702/Purbalingga Hadiri Pembukaan latihan cabang olah raga Judo Komite olah raga Militer Kodam IV/Diponegoro

Babinsa Berikan Materi LDK Di Smp N 1 Kejobong

Hadapi Pesta Siaga Di wilayahnya Babinsa Koramil 08/Bobotsari Gencar Berikan Pelatiahan