Babinsa Desa Sumingkir melakukan pengecekan RJIT (Renofasi Jaringan Irigasi Tersier)


PURBALINGGA. Irigasi adalah usaha penyediaan dan pengaturan air untuk menunjang pertanian yang jenisnya meliputi irigasi air permukaan, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa dan irigasi rawa. Semua proses kehidupan dan kejadian di dalam tanah yang merupakan tempat media pertumbuhan tanaman hanya dapat terjadi apabila ada air, baik bertindak sebagai pelaku subjek atau air sebagai media objek. Proses-proses utama yang menciptakan kesuburan tanah atau sebaliknya yang mendorong degradasi tanah hanya dapat berlangsung apabila terdapat kehadiran air. Guna mendukung pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman bisa tumbuh secara normal.(15/8)

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Sumingkir Koramil 04/Kutasari Serda Mitrang melaksanakan kegiatan pengecekan RJIT (Renofasi Jaringan Irigasi Tersier) yang mengaliri air sepanjang lahan pertanian di wilayah binaanya.

Kegiatan pengecekan RJIT (Renofasi Jaringan Irigasi Tersier) merupakan bagian dari tugas seorang Babinsa dalam program pendampingan pertanian dalam rangka mensukseskan program Swasembada Pangan.

Pada kegiatan tersebut Serda Mitrang mengungkapkan, kami melakukan pengecekan untuk memastikan saluran irigasi mana yang mengalami kerusakan dan segera akan di tindak lanjuti agar tidak menghambat laju pertanian di wilayahnya.

Ia menambahkan, pada perbaikan saluran irigasi memerlukan tenaga yang cukup banyak dan di harapkan nantinya masyarakat dapat menyengkuyung pekerjaan tersebut bersama sama agar apa yang menjadi kendala khusunya perairan segera dapat di atasi dan petani tidak kesusahan dalam mengairi sawahnya. Ungkapnya. (Pendim 0702/Purbalingga)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dandim 0702/Purbalingga Hadiri Pembukaan latihan cabang olah raga Judo Komite olah raga Militer Kodam IV/Diponegoro

Babinsa Berikan Materi LDK Di Smp N 1 Kejobong

Hadapi Pesta Siaga Di wilayahnya Babinsa Koramil 08/Bobotsari Gencar Berikan Pelatiahan