Pesona Keindahan Batik Lawa Siap Dipamerkan Desy Risky Ayu Indrasari Pada Audisi Pesona Batik Nusantara





PURBALINGGA -  Setelah mengikuti berbagai seleksi nama Desy Risky Ayu Indrasari (22), putri dari Kapten Inf Sarimin Danramil 11/Karangmoncol Kodim 0702/Purbalingga kini menjadi duta dari  Kabupaten Purbalingga yang akan mengusung keindahan Batik Lawa yang menjadi Khas corak batik Purbalingga pada ajang Pesona Batik Nusantara tahun 2020.


Hampir semua provinsi, daerah di Indonesia memiliki beraneka ragam batik dengan corak motif dan warna, proses membatiknya sama. Pewarnaannya sama tapi masing masing daerah punya ciri sendiri dan yang membedakan adalah keindahan motifnya. Batik merupakan warisan budaya jaman kerajaan yang sampai abad ini batik semakin disenangi bagi pemakainya seperti halnya pesona batik lawa yang semakin hari semakin diminati para pecinta batik. (7/1)


Berbagai cara untuk mengenalkan kepada masyarakat supaya batik tetap menjadi salah satu ikon Negara Indonesia tercinta, seperti halnya event Audisi Pesona Batik Nusantara yang akan di gelar di Ibukota Jakarta Bulan Maret Mendatang.


Batik kelelawar  memiliki motif variasi dimana motif tersebut terinspirasi oleh salah satu objek wisata di Kabupaten Purbalingga. Objek pariwisata yang dimaksud adalah goa lawa di Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga.


Batik Lawa  tak sekadar kain yang ditulis dengan menggunakan malam (cairan lilin). Pola-pola yang ada di  batik Lawa memiliki filosofi yang sangat erat dengan budaya Keindahan alam masyarakat Purbalingga. Batik adalah kebanggaan bangsa Indonesia, sebuah identitas yang telah diwarisi sejak ratusan tahun lalu


Diharapkan melalui kegiatan tersebut menjadi sumber motivasi untuk memberdayakan dan menggeliatkan pasar batik Lawa dan memberi ruang sekaligus tantangan bagi para pengrajin  batik Purbalingga untuk lebih kreatif  lagi guna masuk pasar Nasional bahkan internasional. (Pendim 0702/Pbg)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dandim 0702/Purbalingga Hadiri Pembukaan latihan cabang olah raga Judo Komite olah raga Militer Kodam IV/Diponegoro

Babinsa Berikan Materi LDK Di Smp N 1 Kejobong

Hadapi Pesta Siaga Di wilayahnya Babinsa Koramil 08/Bobotsari Gencar Berikan Pelatiahan